Cara membuat garis kop surat

Simple! Cara Membuat Garis Kop Surat

Cara Membuat Garis Kop Surat – halo sobat make light studios! Apakah kamu pernah melihat kop atau kepala surat pada surat resmi? Iya, kop surat tersebut merupakan identitas dari suatu lembaga yang mengirimkan surat.

Jika dilihat lebih detail, sepertinya membuat kop surat ini nampak susah. Terdapat juga semacam garis pembatas di bawah kop surat ini. Bagaimana sih cara membuatnya? Cara membuat garis kop surat ini sebenarnya mudah. Mengapa terlihat sulit? Karena kita mungkin belum tahu cara membuatnya sehingga insting kita mengatakan jika hal tersebut susah untuk dilakukan.

Di SMA biasanya kamu akan mendapatkan tugas membuat surat resmi dan tidak resmi. Tentu saja kamu sudah pernah melihat bagaimana bentuk kop surat.

Lalu, apakah kamu sedang mencari cara bagaimana cara membuat garis kop surat? Kami datang di tempat yang tepat! Karena pada artikel kali ini make light studios akan memberikan penjelasan dan informasi apa itu kop surat hingga bagaimana cara membuat garis kop surat ini.

Mari simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga : Simple! 5 Cara Menghapus Halaman di Word

Pengertian Kop Surat

Kop surat atau kepala surat merupakan suatu identitas dari suatu instansi, badan, organisasi atau lembaga yang tercantum dalam surat. Kop surat terletak di bagian paling atas surat resmi yang bersebelahan dengan logo instansi atau lembaga tersebut.

Kop surat sendiri memiliki fungsi sebagai keterangan yang berisikan nama instansi, alamat hingga beberapa informasi terkait seperti nomor telepon.

Satu satunya tujuan dari adanya kop surat ini yaitu sebagai informasi dari mana surat yang diterima berasal. Mengingat zaman sudah semakin modern, kop atau kepala surat bisa dibuat sedemikian rupa sesuai dengan instansi. Tidak jarang loh kop surat dibuat semenarik mungkin.

✅REKOMENDED:  Print Preview Adalah Fitur Keren Word

Bagian – Bagian Kop Surat

Kop surat memiliki bagian-bagian yang harus tercantum dalam suart resmi. Nah, apa saja sih bagian-bagian tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Nama lembaga atau instansi

Nama lembaga ini biasanya ditulis lebih besar dan bercetak tebal dari pada bagian lain yang tercantum

  1. Lambang instansi

Lambang setiap instansi berbeda-beda tergantung lambang masing-masing setiap instansi

  1. Alamat lengkap instansi

Alamat yang tercantum merupakan alamat resmi dari instansi tersebut. Biasanya alamat ditulis lengkap beserta kode pos masing masing

  1. Nomor telepon

Nomor telepon dicantumkan dengan tujuan apabila yang dikirimi surat ingin menghubungi instansi yang mengirimkan surat. Dengan demikian, komunikasi akan lebih mudah.

  1. Nomor faksimilie

Nomor mesin fax yang bertujuan mengirimkan data ke alamat yang dituju

  1. Alamat situs dan email

Alamat situs dan email dicantumkan bila ada. Namun instansi besar biasanya selalu memiliki alamat situs dan email

Note : penulisan kop atau kepala surat yang benar adalah ditulis dengan menggunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil. Nama instansi atau lembaga ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan bercetak tebal. Dan terakhir untuk penulisan alamat dan lain-lain ditulis dengan menggunakan huruf kapital di awal kalimat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Header Di Word

Cara Membuat Garis Kop Surat

Cara membuat garis kop surat ini sangat mudah loh sobat. Mari simak cara membuat kop dan bagian-bagiannya hingga cara membuat garis kop surat yang mudah untuk dilakukan.

Caranya :

  • Buka lembar kerja Microsoft Word
  • Kemudian kamu masuk ke menu Insert di bagian atas kiri
  • Pilih menu sub menu Header di samping kanan
  • Kemudian pilih opsi Blank Header
  • Kamu bisa menuliskan semua informasi mengenai instansi yang akan kamu buat
  • Untuk memasukkan logo kamu bisa pilih menu Insert dan klik satu kali pada Picture
  • Pilih This device apabila logo sudaah tersimpan di komputer kamu
  • Jika sudah kamu bisa mulai membuat garis pembatas
  • Cara membuat garis kop surat dengan masuk ke menu Insert > Shapes > lines
  • Kamu bisa menyesuaikan garisnya dengan kebutuhanmu
  • Kemudian klik Shapes > Format untuk menebalkan garis
  • Untuk memilih ketebalan yang diinginkan pilih Shape outline dan Weight lalu sesuaikan saja
  • Selesai, garis kop surat sudah berhasil dibuat.
✅REKOMENDED:  1 Cara Menghilangkan Halaman Pada Cover

NOTE : Pastikan kamu sudah menentukan margins yang tepat agar saat dicetak posisi dari kop suratnya terlihat sempurna. Margin umum yang biasa digunakan untuk kop surat  yaitu Top : 4cm, Bottom : 3cm, Right : 3cm dan Left : 4cm.

Margins yang dibuat menyesuaikan dengan instansi masing-masing.

Baca Juga : Cara Menghapus Nomor Halaman di Word

Cara Membuat Garis Kop Surat di Ms Word 2010

cara membuat garis kop surat
Source : alfatihmakassar.sch.id

Untuk kamu user Microsoft Word 2010 cara diatas nampaknya agak sedikit berbeda dengan cara membuat garis kop surat di atas. Lalu, bagaimana caranya? Caranya cukuo mudah meskipun letak menu mungki  sedikit berbeda.

Caranya :

  • Buka lembar kerja Microsoft Word
  • Di samping kanan, pilih sub menu Different First Page
  • Kamu sudah bisa menuliskan identitas mukai dari nama instansi hingga alamat email
  • Atur hanging indent untuk memasukkan logo. Kiri ke angka 3 dan kanan ke angka 13,5
  • Kamu bisa mengatur Wrap Text setelah memasukkan logo lalu pilih Trough agar teks tidak berantakan
  • Lalu buatlah garis kop surat atau garis pembatas
  • Klik menu Home > Borders and Shading
  • Lalu klik satu kali Custom dan pilih jenis garis yang diinginkan
  • Klik OK jika sudaah selesai
  • Kamu bisa merapikannya apabila kira-kira bentuknya belum sempurna
  • Selesai, selamat mencoba.
✅REKOMENDED:  8 Cara Membuat Garis Di Word

Kesimpulan

Kop surat atau kepala surat merupakan suatu identitas dari suatu instansi, badan, organisasi atau lembaga yang tercantum dalam surat. Kop surat terletak di bagian paling atas surat resmi yang bersebelahan dengan logo instansi atau lembaga tersebut.

Fungsi kop surat yaitu sebagai keterangan yang berisikan nama instansi, alamat hingga beberapa informasi terkait seperti nomor telepon.

Tujuan dibuatnya kop surat yaitu sebagai informasi dari mana surat yang diterima berasal. Mengingat zaman sudah semakin modern, kop atau kepala surat bisa dibuat sedemikian rupa sesuai dengan instansi. Tidak jarang loh kop surat dibuat semenarik mungkin.

Baca Juga : Mudah! 4 Cara Menambah Page Di Word

Penutup

Cara membuat garis kop surat ini sangat mudah apabila kamu sudah paham dengan letak menu dan cara membuatnya. Hal yang perlu diingat yaitu kamu tidak bisa sembarangan membuat kop surat ini, karena surat yang dibuat adalah surat resmi.

Untuk kamu yang mungkin mendapatkan tugas membuat kop surat, kamu bisa berlatih dengan cara yang sudah kami berikan di atas. Kamu juga bisa mencatatnya di buku catatan agar tidak lupa.

Nah itulah pembahasan dan informasi mengenai kop surat dan cara membuatnya. Cara membuat garis kop surat ini ternyata sangat mudah kan sobat?

Share ke teman-teman kamu artikel cara membuat garis kop surat ini apabila artikel inj bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat kami perlukan demi kesempurnaan artikel dan website kami.

Terimakasih, selamat mencoba peeps!

Leave a Reply

Your email address will not be published.